Senin, 03 Juni 2013

KONSEP DASAR KELUARGA

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latara Belakang
Keluarga pada hakekatnya merupakan satuan terkecil sebagai inti dari suatu sistem sosial yang ada dimasyarakat. Sebagai satuan terkecil, keluarga merupakan miniatur dan embrio berbagai unsur sistem sosial manusia. Suasana keluarga yang kondusif akan menghasilkan warga masyarakat yang baik karena dalam keluargalah seluruh anggota keluarga belajar berbagai dasar kehidupan masyarakat.
Perkembangan peradaban dan kebudayaan, terutama sejak IPTEK berkembang secara pesat, baik yang bersifat positif maupun negatif. kehidupan keluargapun banyak mengalami perubahan dan berada jauh dari nilai-nilai keluarga yang sesungguhnya. Dalam kondisi masa kini, yang ditandai dengan modernisasi dan globalisasi, banyak pihak yang menilai bahwa kondisi kehidupan masyarakat dewasa ini berakar dari kondisi kehidupan dalam keluarga (Setiawati, 2009).
Keluarga adalah bagian masyarakat yang peranannya sangat penting untuk membentuk kebudayaan yang sehat. Dari keluarga inilah pendidikan kepada individu dimulai dan dari keluarga akan tercipta tatanan masyarakat yang baik, sehingga untuk membangun suatu kebudayaan maka seyogyanya dimulai dari keluarga (Setiadi, 2008).
Kecerdasan dan kepekaan juga diperlukan untuk menjalankan dan mengefektifkan delapan fungsi keluarga yaitu : 1.fungsi keagamaan ; 2.fungsi cinta kasih ; 3. fungsi reproduksi ; 4. fungsi perlindungan ; 5. fungsi sosial budaya ; 6. fungsi sosialisasi dan pendidikan ; 7. fungsi ekonomi ; 8.fungsi pelestarian lingkungan. Menjalankan dan mengefektifkan delapan fungsi keluarga akan memperjelas arah dan tujuan terbentuknya keluarga sejahtera yang berkualitas. Karena delapan fungsi keluarga merupakan esensi berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semakin jelas bahwa peran ibu dalam membentuk keluarga sejahtera bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri. Peran dan tanggung jawab tersebut adalah bagian yang tidak terpisahkan dari peran dan tanggung jawab bapak, keluarga, masyarakat dan pemerintah (Hnur, 2009).
B.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar keluarga dan mengintegrasikannya ke dalam praktek keperawatan dan memodifikasi perkembangan IPTEK keperawatan
2.      Ujuan Khusus
Mahasiswa mampu memahami :
        Definisi keluarga
        Tipe/bentuk keluarga
        Pemegang kekuasaan dalam keluarga
        Tugas perkembangan keluarga
        Struktur keluarga
        Peranan keluarga
        Fungsi keluarga

  
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Definisi Keluarga
Berikut akan di kemukakan definisi keluarga menurut bebebrapa ahlil (Sudiharto, 2007)
1.      Bailon dan Malagya (1978) mendefinisikan sebagai berikut : “Keluarga adalah dua atau lebih individu yang tinggal dalam satu rumah tangga karena adanya bhubungan darah, perkawinan ataua adopsi. Mereka saling berinteraksi satu sama yang lainnya, mempunyai peran masing-masing menciptakan dan mempertahankan suatu buidaya”.
2.      Menurut Departemen Kesehatan (1988) mendefinisikan sebagai berikut : “keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga serta beberapa orang berkumpul dan tinggal di satu atap dengan keadaan saling bergantungan”.
3.      Menurut Duvall keluarga merupakan sekumpulan orang yang dihubungkan oleh ikatan perkawinan, adopsi, kelahiran yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan budaya yang umum, meningkatkan perkembangan fisik, mental,emosional dan social dari tiap anggota.
4.      Menurut Bailon dan Maglaya, Keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bergabung karena hubungan darah, perkawinan, atau adopsi, hidup dalam satu rumah tangga, saling berinteraksi satu sama lainya dalam perannya dan menciptakan dan mempertahankan suatu budaya.
Dari beberapa pengertian tentang keluarga maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik keluarga adalah:
1.      Terdiri dari dua atau lebih individu yang diikat oleh hubungan darah, perkawinan atau adopsi.
2.      Anggota keluarga biasanya hidup bersaa atau jika berpisah mereka tetap memperhatikan satu sama lain
3.      Anggota keluarga berinteraksi satu sama lain da masing-masing mempunyai peran social,: suami, isteri, anak, kakak, adik.
4.      Mempunyai tujuan; menciptakan dan mempertahankan budaya, meningkatkan perkembangan fisik, psikologis dan social anggota.
B.     Tahap-tahap Pembentukan Keluarga
1.      Tahap pembentukan keluarga
Tahap ini dimulai dari pernikahan, yang dilanjutkan dalam membentuk rumah tangga.
2.      Tahap menjelang kelahiran anak
Tugas utama keluarga untuk mendapatkan keturunan sebagai generasi penerus, melahirkan anak merupakan kebanggaan bagi keluarga yang merupakan saat-saat yang sangat dinantikan.


3.      Tahap menghadapi bayi
Dalam hal ini keluarga mengasuh, mendidik, dan memberikan kasih sayang kepada anak karena pada tahap ini bayi kehidupannya sangat bergantung kepada orang tuanya. Dan kondisinya masih sangat lemah.
4.      Tahap menghadapi anak prasekolah
Pada tahap ini anak sudah mulai mengenal kehidupan sosialnya, sudah mulai bergaul dengan teman sebaya, tetapi sangat rawan dalam masalah kesehatan karena tidak mengetahui mana yang kotor dan mana yang bersih. Dalam fase ini anak sangat sensitif terhadap pengaruh lingkungan dan tugas keluarga adalah mulai menanamkan norma-norma kehidupan, norma-norma agama, norma-norma sosial budaya, dsb.
5.      Tahap menghadapi anak sekolah
Dalam tahap ini tugas keluarga adalah bagaimana mendidik anak, mengajari anak untuk mempersiapkan masa depannya, membiasakan anak belajar secara teratur, mengontrol tugas-tugas di sekolah anak dan meningkatkan pengetahuan umum anak.
6.      Tahap menghadapi anak remaja
Tahap ini adalah tahap yang paling rawan, karena dalam  tahap ini anak akan mencari identitas diri dalam membentuk kepribadiannya, oleh karena itu suri tauladan dari kedua orang tua sangat diperlukan. Komunikasi dan saling pengertian antara kedua orang tua dengan anak perlu dipelihara dan dikembangkan.
7.      Tahap melepaskan anak ke masyarakat
Setelah melalui tahap remaja dan anak telah dapat menyelesaikan pendidikannya, maka tahap selanjutnya adalah melepaskan anak ke masyarakat dalam memulai kehidupannya yang sesungguhnya, dalam tahap ini anak akan memulai kehidupan berumah tangga.
8.      Tahap berdua kembal
Setelah anak besar dan menempuh kehidupan keluarga sendiri-sendiri, tinggallah suami istri berdua saja. Dalam tahap ini keluarga akan merasa sepi, dan bila tidak dapat menerima kenyataan akan dapat menimbulkan depresi dan stress.
9.      Tahap masa tua
Tahap ini masuk ke tahap lanjut usia, dan kedua orang tua mempersiapkan diri untuk meninggalkan dunia yang fana ini. Struktur Keluarga
C.    Tipe-tipe Keluarga
1.      Tradisional
a)    Nuclear Family atau Keluarga Inti
Ayah, ibu, anak tinggal dalam satu rumah ditetapkan oleh sanksi-sanksi legal dalam suatu ikatan perkawinan, satu atau keduanya dapat bekerja di luar rumah.
b)    Reconstituted Nuclear
Pembentukan baru dari keluarga inti melalui perkawinan kembali suami atau istri. Tinggal dalam satu rumah dengan anak-anaknya baik itu bawaan dari perkawinan lama maupun hasil dari perkawinan baru.
c)    Niddle Age atau Aging Cauple
Suami sebagai pencari uang, istri di rumah atau kedua-duanya bekerja di rumah, anak-anak sudah meninggalkan rumah karena sekolah atau perkawinan / meniti karier.
d)    Keluarga Dyad / Dyadie Nuclear
Suami istri tanpa anak.
e)    Single Parent
Satu orang tua (ayah atau ibu) dengan anak.
f)     Dual Carrier
Suami istri / keluarga orang karier dan tanpa anak.
g)    Commuter Married
Suami istri / keduanya orang karier dan tinggal terpisah pada jarak tertentu, keduanya saling mencari pada waktu-waktu tertentu.
h)    Single Adult
Orang dewasa hidup sendiri dan tidak ada keinginan untuk kawin.
i)     Extended Family
1, 2, 3 geneasi bersama dalam satu rumah tangga.
j)      Keluarga Usila
Usila dengan atau tanpa pasangan, anak sudah pisah.
2.      Non Tradisional
a)    Commune Family
Beberapa keluarga hidup bersama dalam satu rumah, sumber yang sama, pengalaman yang sama.
b)    Cohibing Coiple
Dua orang / satu pasangan yang tinggal bersama tanpa kawin.
c)    Homosexual / Lesbian
Sama jenis hidup bersama sebagai suami istri.
d)    Institusional
Anak-anak / orang-orang dewasa tinggal dalam suatu panti-panti.
e)      Keluarga orang tua (pasangan) yang tidak kawin dengan anak
D.    Pemegang Kekuasaan dalam Keluarga
1.      Patriakal, yang dominan dan memegang kekuasaan dalam keluarga adalah pihak Ayah.
2.      Matriakal, yang dominan dan memegang kekuasaan dalam keluarga adalah pihak Ibu.
3.      Equlitarian, yang memegang dalam keluarga adalah Ayah dan Ibu.
Ada beberapa variabel atau faktor yang mempengaruhi kekuasaan dalam keluarga :
1.      Hirarki kekuasaan keluarga
2.      Tipe bentuk keluarga (orangtua tunggal, keluarga campuran, keluarga inti dua-orang tua tradisional, dll)
3.      Pembentukan koalisi/persatuan
4.      Jaringan komunikasi keluarga
5.      Kelas sosial
6.      Tahap perkembangan keluarga
7.      Latar belakang budaya dan religius
E.     Tugas-tugas Perkembangan Keluarga
Pada dasarnya tugas keluarga ada delapan tugas pokok sebagai berikut :
1.      Pemeliharaan fisik keluarga dan para anggotanya
2.      Pemeliharaan sumber-sumber daya yang ada dalam keluarga
3.      Pembagian tugas masing-masing anggotanya sesuai dengan kedudukannya masing-masing
4.      Sosialisasi antar anggota keluarga
5.      Pengaturan jumlah anggota keluarga
6.      Pemeliharaan ketertiban anggota keluarga
7.      Penempatan anggota-anggota keluarga dalam masyarakat yang lebih luas
8.      Membangkitkan dorongan dan semangat para anggotanya
F.     Struktur Keluarga
Struktur keluarga terdiri dari bermacam-macam, diantaranya adalah :
1.      Patrilineal adalah keluarga sedarah yang terdiri dari sanak saudara sedarah dalam beberapa generasi, dimana hubungan itu disusun melalui jalur garis ayah.
2.      Matrilineal adalah keluarga sedarah yang terdiri dari sanak saudara sedarah dalam beberapa generasi dimana hubungan itu disusun melalui jalur garis ibu.
3.       Matrilokal adalah sepasang suami istri yang tinggal bersama keluarga sedarah istri.
4.      Patrilokal adalah sepasang suami istri yang tinggal bersama kelurga sedarah suami.
5.      Keluarga kawinan adalah hubungan suami istri sebagai dasar bagi pembinaan warga dan beberapa sanak saudara yang menjadi bagian keluarga karena adanya hubungan dengan suami atau istri.
G.    Ciri-Ciri Struktur Keluarga
Menurut Anderson Carter ciri-ciri struktur keluarga :
1.      Terorganisasi : saling berhubungan, saling ketergantungan, antara anggota keluarga.
2.      Ada keterbatasan
Setiap anggota memiliki kebebasan tetapi mereka juga mempunyai keterbatasan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing.
3.       Ada perbedaan dan kekhususan : setiap anggota keluarga mempunyai peranan dan fungsinya masing-masing.
H.    Peran Keluarga
Peranan keluarga menggambarkan seperangkat perilaku interpersonal, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan individu dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan individu dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat.
Berbagai peranan yang terdapat di dalam keluarga adalah sebagai berikut :
1.      Peranan Ayah : Ayah sebagai suami dari istri dan anak-anak, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.
2.      Peranan Ibu : Sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anakanaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.
3.      Peran Anak : Anak-anak melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial, dan spiritual.

I.       Fungsi Keluarga
Ada beberapa fungsi yang dapat dijalankan keluarga, sebagai berikut :
1.      Fungsi Biologis
a)      Untuk meneruskan keturunan
b)      Memelihara dan membesarkan anak
c)      Memenuhi kebutuhan gizi keluarga
d)     Memelihara dan merawat anggota keluarga.
2.      Fungsi Psikologis
a)      Memberikan kasih sayang dan rasa aman
b)      Memberikan perhatian diantara anggota keluarga
c)      Membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga.
d)     Memberikan Identitas anggota keluarga.
3.      Fungsi Sosialisasi
a)      Membina sosialisasi pada anak.
b)      Membentuk norma-norma perilaku sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
c)      Meneruskan nilai-nilai budaya keluarga.
4.      Fungsi Ekonomi
a)      Mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
b)      Pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
c)      Menabung untuk memenuhi kebutuhan keluarga dimasa yang akan datang, misalnya pendidikan anak-anak, jaminan hari tua, dsb.
5.      Fungsi Pendidikan
a)      Menyekolahkan anak untuk memberi pengetahuan, keterampilan dan membentuk perilaku anak sesuai bakat dan minat yang dimilikinya.
b)      Mempersiapkan anak-anak untuk kehidupan dewasa yang akan datang dalam memenuhi peranannya sebagai orang dewasa.
c)      Mendidik anak sesuai dengan tingkat perkembangannya.
Dari berbagai fungsi di atas ada 3 fungsi pokol kelurga terhadap keluarga lainnya, yaitu :
1.       Asih adalah memberikan kasih sayang, perhatian, rasa aman, kehangatan,pada anggota keluarga sehingga memungkinkan mereka tumbuh dan berkembang sesuai usia dan kebutuhannya.
2.      Asuh adalah menuju kebutuhan pemeliharaan dan perawatan anak agar kesehatannya selalu terpelihara sehingga memungkinkan menjadi anak-anak sehat baik fisik, mental, sosial, dan spiritual.
3.      Asah adalah memenuhi kebutuhan pendidikan anak, sehingga siap menjadi manusia dewasa yang mandiri dalam mempersiapkan masa depannya.




















BAB III
KESIMPULAN

Menurut Duvall keluarga merupakan sekumpulan orang yang dihubungkan oleh ikatan perkawinan, adopsi, kelahiran yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan budaya yang umum, meningkatkan perkembangan fisik, mental,emosional dan social dari tiap anggota.
Menurut Bailon dan Maglaya, Keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bergabung karena hubungan darah, perkawinan, atau adopsi, hidup dalam satu rumah tangga, saling berinteraksi satu sama lainya dalam perannya dan menciptakan dan mempertahankan suatu budaya.
Dari beberapa pengertian tentang keluarga maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik keluarga adalah:
5.      Terdiri dari dua atau lebih individu yang diikat oleh hubungan darah, perkawinan atau adopsi.
6.      Anggota keluarga biasanya hidup bersaa atau jika berpisah mereka tetap memperhatikan satu sama lain
7.      Anggota keluarga berinteraksi satu sama lain da masing-masing mempunyai peran social,: suami, isteri, anak, kakak, adik.
8.      Mempunyai tujuan; menciptakan dan mempertahankan budaya, meningkatkan perkembangan fisik, psikologis dan social anggota.














DAFTAR PUSTAKA

http://keperawatankomunitas.blogspot.com/2010

http://konsepdasarkeluarga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar